Tips Bisnis Online


Berikut  Tips Bisnis Online

Akhir - akhir ini bisnis online menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini nampak dengan peningkatan pengguna internet yang meningkat. Angka ini meyakinkan pelaku bisnis internet akan peluang yang cerah di masa mendatang. Melihat apa yang telah terjadi di belahan barat bumi ini, cukup untuk menggambarkan, sekaligus menjanjikan berbagai macam peluang yang bisa terjadi dengan media digital ini. untuk itu anda perlu membaca tips bisnis online jika ingin memulainya.
Tips Bisnis Online
Berikut ini adalah beberapa mitos atau anggapan tentang bisnis online yang kiranya kurang pas atau sering disalahpahami.

Bisnis Online itu Murah


Asumsi yang paling difavoritkan orang adalah anggapan bahwa memulai sebuah bisnis online itu murah, alias tidak memerlukan biaya yang banyak. Anggapan ini tidak salah, meskipun juga tidak benar seluruhnya. Maka biaya yang dikeluarkan tidak seharusnya sebesar bisnis toko nyata.
Namun, menjalankan sebuah toko online, layaknya sebuah bisnis pada umumnya, tidaklah jauh berbeda. Tentunya ini menuntut biaya yang lumayan, tergantung gebrakan yang akan dilakukan.
Selain itu, dalam bisnis online, Anda juga akan berurusan dengan dunia teknologi. Anda patut bersyukur bila Anda mengerti semua seluk beluk Internet dan cara kerjanya, termasuk cara-cara untuk memulai dan merawat sebuah toko online. Suatu saat juga diperlukan satu orang yang ditugasi khusus untuk mengawasi kinerja toko online ini. Ini adalah satu tenaga kerja yang tidak dibutuhkan di toko nyata.
Apabila Anda puas dengan tampilan toko minimal, untuk menjual 10 item per hari, dengan biaya yang cukup untuk sekadar menutupi biaya operasional, tentu saja tidak diperlukan banyak biaya. Mulai Saja dengan Domain Gratis
Banyak yang berpikir domain gratis bisa dijadikan alternatif untuk menghemat biaya. Belum lagi domain gratis yang juga sering disalahgunakan oleh spam bot, untuk menyebarluaskan konten yang tidak sesuai aturan. 

Cukup di Facebook Saja


Banyak pengguna internet Indonesia yang bergabung di situs pertemanan seperti Facebook. Hal ini akan menarik minat pemilik toko online untuk memasarkan barangnya di Facebook.
Tapi, sangat disayangkan, banyak pemilik toko online tidak lagi peduli untuk membangun situs toko online-nya.
Selain menghemat biaya, pemilik toko online beralasan untuk mengurangi kebutuhan tenaga kerja yang akan menangani setiap situs.
Selain itu, nama domain yang digunakan juga masih merupakan bagian dari Facebook. Cukup dengan sedikit perubahan kebijakan dari Facebook, bisnis yang Anda rintis dari nol bisa hancur dalam waktu singkat. Jadi secara tidak langsung, bisnis Anda sudah di ujung tanduk.
Sebuah toko online yang dirancang dengan benar, sudah seharusnya menghemat waktu dan tenaga karena dilengkapi dengan feature pemantauan stok dan neraca keuangan.
Juga masih banyak aktivitas lainnya yang seharusnya bisa berjalan otomatis. Namun, karena tidak menggunakan landasan yang tepat, di kemudian hari, aktivitas ini malah memperlambat kinerja perusahaan.
Untuk membangun sebuah toko online yang sempurna, diperlukan banyak keahlian dan pengalaman, mulai dari pemahaman teknologi, penerapan desain, dan perhatian terhadap faktor keamanan.
Karena itu, tidak ada manusia super yang bisa dan ahli dalam semua hal.
Untuk mengatasi masalah ini, biasanya pemilik toko online bisa menyewa seorang konsultan atau profesional yang telah berpengalaman. Dengan nama domain yang sudah menjadi milik Anda sepenuhnya, Anda bebas berpindah layanan atau solusi, tanpa mengorbankan nama bisnis.
Bahkan banyak developer yang cenderung merangkap sebagai seorang designer dengan membangun toko online dari awal.
Gampangnya, cobalah untuk menilai sebuah tampilan situs toko online Anda dari sisi penyajian informasi yang jelas dan kenyamanan dalam penggunaan, bukan semata-mata dari segi artistik.
Untuk kebutuhan toko online, banyak solusi open source yang ditawarkan. WordPress untuk Segalanya
Dengan perkembangannya yang pesat, dan dukungan komunitas yang kuat, banyak pilihan plugin yang membuat CMS ini semakin populer. Tanpa layanan pembayaran secara elektronis, transaksi online tidak akan berjalan mulus dan toko online tidaklah pantas disebut sebagai toko online, melainkan hanyalah sebuah katalog elektronik.
Pada dasarnya, sebuah toko online tidak tampak di mata. Konsep toko online yang tadinya bersifat murah, kini mulai dijejali dengan biaya-biaya, termasuk biaya pemasaran dan iklan ekstra.
Ini membutuhkan keahlian yang perlu dipelajari.
Kesalahan yang umum dilakukan bukan terletak pada pemilihan strategi, tapi karena tidak adanya upaya untuk mengimbangi aktivitas yang satu dengan kampanye lain yang kiranya bisa mempercepat proses viral.
Kadang karena putus asa untuk mencari pelanggan, pemilik toko online tidak sungkan melakukan spamming. Yang dirisaukan bukan hanya tingkah laku yang tidak benar ini, tapi juga kemungkinan rusaknya citra bisnis online yang baru mulai dibangun.

Tidak Perlu Membuka Toko Nyata


Dari awal artikel ini, kita selalu membahas tentang toko online di dunia maya. Akibatnya, sebuah bisnis tetap bisa berjalan hanya mengandalkan situs online.
Dengan adanya kombinasi toko online dan toko nyata, diharapkan ini bisa menambah kepercayaan penjual untuk melakukan transaksi secara online. Walaupun total biaya yang dikeluarkan pada awalnya tidak sebesar yang diperlukan untuk mendirikan sebuah toko nyata, masih tetap diperlukan tingkat keseriusan yang sama.

Baca juga tentang penipuan bisnis online


0 Responses to "Tips Bisnis Online"